Sabtu, 24 Desember 2011

Tips merawat laptop

Tips merawat laptop

July 13, 2011 | In: Tips
Tips merawat laptop – Banyak orang yang tidak mengetahui tentang cara perawatan pada leptop pribadi. Ini merupakan sebab yang akan menimbulkan kerusakan lebih cepat pada leptop. Sebetulnya hal ini mudah untuk melakukan perawatan agar leptop anda dapat tetap terjaga dari kerusakan.
Mungkin ada dua cara yaitu dengan cara perawatan pada software dan perawatan pada hardware. Kalau masalah perawatan pada software, sudah saya kasih caranya pada artikel Tips merawat komputer. Artikel tersebut sama saja dengan perawatan pada software leptop.
Kalau masalah perawatan pada hardware leptop ini agak rumit. Sebab selain ukurannya lebih kecil dan simple dari pada komputer, hardware pada leptop juga rawan dengan kerusakan. Untuk itu mari kita simak hal apa saja yang dapat dilakukan untuk perawatan hardware pada leptop ini :
- Waktu leptop digunakan atau leptop dalam keadaan mode on sebaiknya jangan menggunakan Penutup apapapun termasuk sarung Laptop atau jangan menggunakan leptop diatas karpet atau tempat tidur saat menyala. Hal ini dikarenakan pada bagian bawah leptop terdapat alat pendingin yang menggunakan sirkulasi udara. Jadi jika sirkulasi udara tersebut tertutup dapat menyebabkan leptop rusak.
- Pada umumnya kerusakan pada leptop terjadi pada hard disk dan LCD display/layar. Kerusakan hard disk diakibatkan benturan atau terjatuh. Kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik. Jadi saat kita membawa leptop harus berhati-hati.
- Usahakan kabel yang tedapat pada adaptor leptop selalu rapi. Sehingga saat kita carger leptop tak ada yang tersandung akibat kabel yang tidak rapi.
- Pakaikan pelindung layar dan pelindung keyboard “protector”. Sehingga keyboard akan terjaga selalu dari gangguan luar seperti kemasukan debu atau ketumpahan cairan. Untuk pelindung layar dapat mencegah goresan atau kotor akibat benda asing.
- Untuk masalah batrai, anda lebih baik selalu membawa carger dari pada batrai. Gunakan batrai pada waktu tertentu saja dan jangan sering-sering. Usahakan saat baterai sedang di carger leptop dalam keadaan mati. Sebab semua itu untuk menghindari kerusakan pada batrai, terkadang batrai dapat bocor akibat hal tersebut. Dan satu lagi jangan sering-sering melepas dan memasang batrai terlalu sering. Karena dapat menyebabkan slot batrai pada leptop rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar